Wednesday, December 30, 2015

Konsep Dasar Kewirausahaan || Lengkap



A.      KONSEP DASAR KEWIRAUSAHAAN
1.       Pengertian
Kata kewirausahaan berasal dari kata Entrepreneur  yang berarti orang  yang membeli barang dengan harga pasti tetapi tidak tahu berapa harga barang itu akan di jual.
Wirausaha sering disebut juga wiraswata yang berarti sifat-sifat keberanian, keutamaan, keteladanan dalam mengambil resiko yang bersumber kepada kemapuan sendiri.
Kata wiraswasta berasal dari gabungan kata wira-swa-sta, dalam bahasa sanksekerta wira berarti utama, gagah, luhur, berani, teladan, pejuang. Swa berarti sendiri atau mandiri. Dan sta berarti sendiri.
Jadi, wirausaha berarti kemampuan atau keberanian yang di millikki oleh  seseorang untuk melihat dan menilai kesempatan bisnis, mengumpulkan sumber daya, yang dibutuhkan untuk mengambil keuntungan dalam rangka meraih kesuksesan.
Kewirausahaan adalah proses menciptakan sesuatu yang lain dengan menggunakan waktu dan kegiatan dengan di sertai dengan resiko serta menerima balas jasa dan kepuasan serta kebebasan pribadi.
Menurut Gede prana, ada beberapa sifat dasar yang harus dimiliki oleh seorang wirausaaha, diantaranya:
1.         Wirausaha adalah seorang  pencipta perubahan (the change creator)
2.         Wirausaha melihat perbedaan sebagai pejuang.
3.         Wirausaha selalu bereksperimen dengan pembaruan.
4.         Wirausaha adalah seorang pakar tentang dirinya.
5.         Wirausaha melihat pengetahuan  dan pengalaman hanyalah alat untuk memacu kreatifitas.
6.         Wirausaha berani memaksa diri untuk menjadi pelayan bagi orang lain.

Menurut Robin, kewirausahaan adalah proses seseorang guna mengejar peluang-peluang memenuhi kebutuhandan keinginan melalui inovasi tanpa memperhatikan sumber  daya yang merka kendalikan.
Wirausaha atau entrepreneur juga diartiksn sebagai seorang penemu bisnis yang sama sekali baru dan mengembangan menjadi perusahaan yang mencapai kesuksesan. Contohnya: Microsoft, wal-mart, dan Aqua.

No comments:

Post a Comment